Sabtu, 15 September 2012

Jenis-jenis Game dan Opportunity Untuk Menunjang Creative Indusrty


Role Playing Game ( RPG )
Sebuah permainan bermain peran biasanya permainan yang sangat panjang dan kita dituntut masuk ke dalam alur cerita game tersebut. Ada beberapa game RPG di luar sana yang tidak memerlukan waktu Anda lebih dari 20 jam untuk memainkannya namun itu sangat sedikit. Beberapa contoh-contoh game RPG adalah Final Fantasy, Dragon Warrior, Breath of Fire, Secret of Mana dan banyak varietas lainnya. Biasanya RPG melibatkan sekelompok karakter yang Anda butuhkan untuk membangun atau mengembangkan sesuatu untuk mencapai tujuan akhir bersama. Untuk sampai ke tujuan tersebut, Anda perlu memperkuat karakter Anda dengan meneingkatkan level karakter tersebut atau mengumpulkan peralatan baru.
Contoh game RPG : Final Fantasy

First Person Shooters ( FPS )
Game jenis ini lebih populer di kalangan dunia multiplayer daripada dunia pemain tunggal. FPS menempatkan Anda ke dalam peran satu karakter membawa banyak senjata dan dengan tujuan bersama untuk mencapai suatu titik akhir, melarikan diri dari malapetaka dan semua hal menyenangkan. Ketika bermain dalam permainan multiplayer, Anda dapat bermain dalam FFA (Free For All), permainan tim atau varietas lainnya.
Contoh game FPS : Counter Strike


Real Time Strategy ( RTS )
Peran permainan strategi real time ini adalah dengan menerapkan bagian strategis dari pikiran Anda ke dalam pandangan dari lingkungan yang serba cepat. Catatan, tujuan Anda dalam permainan RTS ini adalah mengalahkan tentara lawan dengan tentara Anda bahwa Anda harus membangun dengan mendapatkan sumber daya.
Contoh game RTS : Warcraft

Permainan Olahraga ( Sports Game )
Genre olahraga biasanya menunjukkan olahraga mana saja yang dapat Anda mainkan di kehidupan nyata. Olahraga seperti, skateboard, snowboarding, tenis, basket, sepak bola dan lain-lain. Biasanya game seperti ini lebih disukai  bagi mereka yang suka olahraga.
Contoh game olahraga : PES (Pro Evolution Soccer) 2012

Permainan Balapan ( Racing Game )
Racing Game adalah game sejenis racing yang memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan. Bahkan terdapat beberapa game racing yang kendaraannya memiliki senjata khusus sehingga pada saat balapan tidak hanya adu kencang tetapi juga penggunaan senjata untuk memperlambat musuh.
Contoh game balapan : Need For Speed ( NFS ) Most Wanted


Fighting Game
Fighting adalah genre game bertarung. Pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya dimana masing-masing karakter biasanya memiliki jurus yang berbeda. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.
Contoh game fighting : Street Fighter



Opportunity Untuk Menunjang Creative Indusrty

Pemanfaatan Game tidak bisa dihindarkan dalam era teknologi informasi, waktu luang banyak digunakan untuk bermain game, apakah itu game yang bersifat online ataupun offline. Kemampuan para programmer dapat digabungkan dalam satu wadah yang akan mampu menciptakan permainan-permainan dalam tingkat yang lebih tinggi, bahkan pada tingkat kemampuan menarik minat para gamers untuk lebih banyak menggunakan logika dan kecepatan. terutama mampu menciptakan permainan yang bersaing di tingkat internasional.

Dengan melihat peluang industri kreatif di atas, maka sudah selayaknyalah Teknologi informasi dikembangkan sebagai salah satu Wadah yang mampu mengembangkan sumber daya manusia yang aktif, kreatif dan memiliki potensi luar biasa.

Dengan memberdayakan industri kreatif dan mengambangkan sumberdaya manusia yang kreatif akan turut memajukan nama, martabat dan perekonomian bangsa. Kecintaan akan industri kreatifitas bangsa dan turut serta pemerintah dalam memajukan industri kreatifitas ini akan memberi peluang besar bagi  pengembangan kreatifitas anak bangsa, yang mampu menyerap tenaga kerja di berbagai bidang, dan menurunkan jumlah pengangguran.

Pendidikan di bidang teknologi yang mengacu pada pengembangan potensi tersebut juga akan menghasilkan sumberdaya kreatif dalam menghidupkan industri kreatif. Mari Berdayakan Industri kreatif karya anak bangsa demi memajukan indonesia dan memberi citra baru  sebagai negara yang kreatif, aktif dan mampu bersaing di segala bidang.

0 komentar:

Posting Komentar